Definisi Pelayanan Prima atau Service Excellence
Pelayanan prima adalah terjemahan dari “Excellent Service“, yang berarti pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang terbaik. Pelayanan dalam bahasa Inggris disebut Service. Beberapa pakar tentang Pelayanan Prima mengolah kata service yang lebih bermakna.Catherine DeVrye (1997) mengolah kata service menjadi Tujuh Strategi Sederhana Menuju Sukses :
- Self Esteem (MemberiNilai pada Diri Sendiri)
- Exceed Expectations (Melampaui Harapan Konsumen)
- Recover (Merebut Kembali)
- Vision (Visi)
- Improve (Melakukan Peningkatan Perbaikan)
- Care (Memberi Perhatian)
- Empower (Pemberdayaan)
Definisi
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan
kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya, dengan diasumsikan
bahwa kalau kinerja di bawah harapan, pelanggan akan merasa kecewa,
kalau kinerja sesuai harapan, pelanggan akan merasa puas, dan kalau
kinerja melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas. Kepuasan pelanggan
merupakan tujuan utama pelayanan prima. Setiap
frontliner berkewajiban untuk berupaya memuaskan pelanggannya. Kepuasan
pelanggan dapat dicapai apabila frontliner mengetahui siapa
pelanggannya, baik pelanggan internal maupun pelanggan external.Harapan pelanggan terhadap pelayanan prima adalah :
- Makin lama makin baik (better)
- Makin lama makin cepat (faster)
- Makin lama makin diperbaharui (newer)
- Makin lama makin murah (cheaper)
- Makin lama makin sederhana (more simple)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar